January 25, 2016
5 Artis Legenda J-Pop

Sudah lama ya tidak membahas tentang J-Pop. Industri musik J-Pop belakangan ini terlihat makin surut dikarenakan ramainya budaya K-Pop di Indonesia. Para penggemar J-Pop tidak mau kalah lho dengan pecinta K-Pop. Mereka tetap eksis dengan memiliki beberapa komunitas penggemar tersendiri. Otaku, atau sebutan untuk penggemar J-Pop, terbukti banyak dijumpai dalam berbagai acara matsuri atau festival Jepang yang berada di beberapa wilayah di Indonesia. Dalam festival tersebut ditampilkan ragam budaya Jepang termasuk musik Jepang itu sendiri.

Di bawah ini terdapat beberapa artis J-Pop yang telah ada di hati penggemar karena karyanya yang melegenda. Siapa aja mereka? Intip lebih dekat yuk. 

1.  GACKT

Gackt Camui atau yang biasa dipanggil Kamui Gakuto adalah penyanyi asal Jepang yang telah dikenal luas oleh para pecinta J-Pop atau J-Rock. Ia masih terlihat awet muda di umurnya yang telah mencapai usia 42 tahun. Karirnya berawal dari tahun 1994 dengan band yang bernama Malice Mizer hingga ia mulai memutuskan bersolo karir pada tahun 1999. Hingga saat ini Gackt memiliki 9 album dengan 43 single di dalamnya. Salah satu lagunya yang fenomenal berjudul “Redemption” yang mana lagu tersebut menjadi soundtrack game Dirge of Ceberus dalam Final Fantasy VII.

2.  L’Arc en Ciel

Untuk pecinta J-Pop siapa yang tidak mengenal band rock satu ini. L’Arc en Ciel, band yang telah berkarir selama 24 tahun ini berhasil meraih total penjualan album sebanyak 15 juta copy. Tidak diragukan lagi begitu banyaknya yang mencintai karya dari artis nomer 1 di negeri Sakura ini. Selain itu, mereka merupakan band pertama dari Jepang yang tampil di Madison Square Garden di New York, Amerika Serikat.  Salah satu lagunya yang dikenal legendaris seperti “4th Avenue Cafe” merupakan soundtrack dari film anime ternama ‘Samurai X’.

3.  Arashi

Bicara tentang J-Pop rasanya tidak lengkap jika tidak membahas Arashi. Mereka sangat laris dan menjadi salah satu artis J-Pop paling top sepanjang tahun 2015. Karyanya yang dikenal sejak 1999 banyak muncul dalam beberapa soundtrack drama serial, salah satunya adalah serial ternama ‘Hana Yori Dango’. Sejak lagunya berhasil dijadikan theme song di Volleyball World Cup 1999, Arashi mulai menjadi idola ternama yang erat kaitannya dengan budaya Jepang.

4.  AKB48

AKB48 merupakan satu-satunya artis yang memiliki banyak personil dengan jumlah anggota 140 personil dan dibagi menjadi beberapa sub-grup di dalamnya. Beberapa anggotanya juga dikabarkan memiliki saudara di negara-negara lain termasuk JKT48 yang ada di Indonesia. Lagu “Heavy Rotation” merupakan salah satu single yang membantu mereka lebih banyak dikenal di Indonesia. Lagunya yang terlihat ceria membawa pesona tersendiri bagi AKB48. Grup idol ternama di Jepang ini tidak bisa dipisahkan dari budaya Jepang dilihat dari kostum, lagu, dan aksi mereka di atas panggung, mengingatkan kita akan keceriaan para remaja Jepang di dalamnya.

5.  LiSA

Risa Oribe atau yang biasa dikenal LiSA memulai karirnya sebagai penyanyi dalam sebuah band indie yang bernama Chucky. LiSA sendiri merupakan singkatan dari Love is Same All dan merupakan nama band keduanya setelah Chucky dikabarkan bubar. Wanita 28 tahun ini mulai membuat soundtrack beberapa anime di awal karirnya bersama band-nya tersebut. Beberapa anime tersebut seperti ‘Fate/Zero’, ‘Sword Art Online’ dan ‘Day Break Illussion’. Selain itu ia juga pernah menjadi pengisi suara di salah satu film anime ternama di Jepang, ‘Angel Beats’. Oleh karena itu ia dikenal dekat dengan budaya Jepang yang kaya akan anime-nya.

Pengaruh dari kepopuleran komik dan anime sejak tahun 1990 membuka jalan untuk para artis J-Pop menancapkan industrinya di tanah air. Pada umumnya soundtrack anime dibawakan oleh musisi Jepang hingga akhirnya budaya Jepang pun makin dikenali di Indonesia. Selain anime, lagu-lagu J-Pop juga lebih mudah dikenal dilihat dari beberapa drama atau film yang ditayangkan di Indonesia. Nah, dari beberapa artis di atas yang mana nih idola kalian? Semoga karya mereka akan terus menjadi legenda dan selalu membawa budaya Jepang yah..

Other news: